Connect with us

Berita Utama

Rektor UMRAH jadi Narasumber Seminar Revitalisasi Tiga Pilar Dakwah sebagai Sarana Mewujudkan SDM Unggul

Published

on

Laporan: Ariq Imron, Rendi | Editor: Rendi | Foto: Ariq Imron

TANJUNGPINANG – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA hadir dan jadi Narasumber Seminar Revitalisasi Tiga Pilar Dakwah sebagai Sarana Mewujudkan SDM Unggul yang diselenggarakan oleh Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi Kepulauan Riau. Di Auditorium Kampus UMRAH Dompak. Selasa (1/11 /2022).

Acara tersebut di hadiri juga oleh Gubernur Kepulauan Riau yang diwakili Staf Ahli, Dr. Muhd. Dali, MM, Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Dr. Adian Husaini, perwakilan Ketua DPRD Provinsi Kepri, perwakilan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, perwakilan PANGKOGABWILHAN I, perwakilan Kapolda KEPRI dan Mahasiswa serta civitas akademika UMRAH lainnya.

Opening ceremony, acara tersebut secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Kepri Dr. Muhd. Dali, MM.

Sesaat sebelum membuka acara, Dr. Muhd. Dali turut menyampaikan pesan Gubernur yang berisikan pesan moril dalam melaksanakan dakwah.

“Berdakwah atau mengajar orang lain untuk berbuat kebaikan beriman kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja tidak harus di Masjid. Oleh sebab itu dalam berdakwah harus memperhatikan hal-hal penting yang disampaikan yang pertama perkataan yang disampaikan adalah perkataan yang benar bukan berita hoax atau kabar burung dan berita yang yang belum jelas kebenarannya. Yang kedua perkataan yang disampaikan adalah perkataan yang mulia yang tidak mengandung unsur kebencian dan adu domba ke iga mampu membuat pendengarnya mengerti dan memahami dan tersentuh hatinya.”

Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Dr. H. Adian Husaini, M.Si turut menyampaikan sambutannya.

Dirinya mengatakan bahwa Gurindam 12 karya Raja Ali Haji merupakan sebuah karya yang mengandung makna penting dalam Revitalisasi dakwah untuk mewujudkan SDM yang Unggul.

Hal tersebut dapat dirasakannya saat dirinya berada di tengah-tengah para santri Pesantren At-Taqwa Depok yang didirikanya. Dimana para santri selalu melantunkan Gurindam 12 karya Raja Ali Haji tersebut sebagai bentuk nasehat diri.

Tidak hanya itu, menurutnya nama sang Pahlawan Bahasa Indonesia itu turut disematkan di salah satu gedung Peantren At-Taqwa Depok.

Dilanjutkan dengan Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA sebagai narasumber.

Saat memaparkan materinya, Rektor Agung menyampaikan beberapa pesan untuk menjadi SDM Unggul.

Menurutnya untuk menjadi manusia unggul terdapat 6 kompetensi atau kemampuan utama yaitu komunikasi, kolaborasi, kompension, critical thinking dan lain sebagainya untuk bisa HOTS.

Prof. Agung menjelaskan bahwa HOTS adalah akronim dari Higher Order Thinking Skill (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) dimana beliau tidak mau mahasiswa lulus hanya menjadi pemikir-pemikir tingkat rendahan, dirinya ingin mahasiswa UMRAH bisa menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan sesuatu.

Menurutnya selain HOTS seorang pelajar juga harus memiliki adab dan harus bersungguh – sungguh dalam menimba ilmu dimana jika tidak memiliki adab dan bersungguh – sungguh maka ilmu yang didapat akan menjadi sia – sia.

(Humas UMRAH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2019 Universitas Maritim Raja Ali Haji