Connect with us

Berita Utama

Pelatihan Startup FE UMRAH Hasilkan 8 Website

Published

on

TANJUNGPINANG – Fakultas Ekonomi UMRAH menyelenggarakan kegiatan pelatihan Startup untuk mahasiswa di Ruang Gardenia, Aston Hotel Tanjungpinang. (14/11/2022). Pelatihan ini mempelajari dasar-dasar memulai bisnis startup untuk kalangan mahasiswa.

Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari itu diikuti oleh 25 mahasiswa akuntansi dan 25 mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi UMRAH.

Mirza Ayunda (Dosen FE) selaku ketua pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa untuk merancang bisnis startup, menumbuhkan semangat berwirausaha, dan membangun ide-ide kreatif untuk merancang bisnis startup.

Narasumber pelatihan tersebut merupakan praktisi dan pelaku usaha startup asal Tanjung Pinang, Hendro Dwi Yunanto, merupakan owner CV Pixel dan Studio Melayu. Startup yang pernah dibuat oleh narasumber adalah Beelink dan Starry.id.

Lebih detail Mirza (ketua pelaksana) menjelaskan skema pelatihan tersebut. Menurutnya Hendro (narsum) bertindak sebagai mentor untuk mengarahkan peserta  menggaplikasikan canvas business model untuk startup.

“Pada tahap awal peserta pelatihan dibagi menjadi 8 kelompok dan diarahkan langsung memikirkan ide bisnis dan memformulasikan kendala, permasalahan, target pasar, dan lain-lain”, ucapnya.

“Setelah itu, proses customer validation dimana peserta langsung menghubungi calon customer. Peserta pelatihan juga langsung diajarkan membuat platform usaha mereka berbentuk website.  Usaha yang dibuat dalam waktu 30 menit diskusi menghasilkan beranekaragam ide, mulai di bidang kuliner lokal, properti, edukasi, aplikasi curhat, hingga aplikasi non-profit untuk menolong korban perdagangan manusia”, tambahnya.

Adapun 8 website tersebut adalah:
http://penthink.id/pedulikite/
https://penthink.id/jombli/shop/
https://penthink.id/atapmelayu/
https://penthink.id/hihigenz/
https://penthink.id/kosmo/
https://penthink.id/hihigenz/
https://penthink.id/edupartner/
https://penthink.id/makos

Menurut Mirza pada bagian akhir masing-masing kelompok harus mempresentasikan hasil startup yang sudah mereka bentuk. Kelompok terbaik mendapat hadiah sebesar Rp.500.000 dari narasumber. “Mahasiswa cukup senang dan antusias mengikuti kegiatan ini, karena mereka tidak mendengar ceramah yang berlama-lama seperti biasanya”.ungkap Mirza ketua pelaksana pelatihan startup kepada Humas UMRAH.

(Humas UMRAH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2019 Universitas Maritim Raja Ali Haji