Connect with us

Berita Utama

LP3M UMRAH Dorong Dosen agar Lolos PKMS dan PKM dari DRPTM

Published

on

Laporan, Editor & Foto: Rendi A. Saputra

TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melalui Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LP3M) selenggarakan kegiatan pendampingan kepada Dosen dalam menyusun proposal Pengabdian Masyarakat untuk program pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) dan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Selasa (25/10/2022).

Pendampingan dengan metode mentoring itu diikuti oleh Dosen internal UMRAH yang usulannya pada tahun 2022 belum dinyatakan lolos, serta beberapa Dosen Perguruan Tinggi luar UMRAH sebagai bentuk kolaborasi dan sharing dari UMRAH.

Turun langsung sebagai mentor, Ketua LP3M UMRAH Henky Irawan, S.Pi, MP, M.Sc sekaligus sebagai Dosen yang telah meraih hibah PKM tahun 2022 yang lalu dengan tujuan untuk berbagi pengalaman serta tips bagaimana menyusun usulan yang memenuhi standar yang ditetapkan melalui panduan DRTPM.

Henky selaku Mentor turut berbagi bagaimana strategi komposisi tim. Menurutnya, tim yang beranggotakan dosen lintas bidang ilmu memiliki nilai plus karena memungkinkan adanya kolaborasi bidang ilmu, seperti PKM yang sedang dijalankannya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa selain memperhatikan syarat eligibilitas, pengusul harus memunuhi standar format usulan. Ia menambahkan bahwasannya state of the art kegiatan harus tergambar jelas dalam usulan dan dosen harus mampu mengkomunikasikan dengan baik signifikansi kegiatan yang akan dilakulan.

Perihal luaran kegiatan, Ketua LP3M UMRAH itu menjelaskan bahwa pengusul harus mampu mendefinsikan jurnal yang akan dituju untuk publikasi dan mampu mengurai mengapa jurnal tersebut cocok sebagai jurnal dan bagaimana peluang lolos publikasinya.

Tidak sampai disitu kegiatan pendampingan itu akan ditindaklanjuti hingga peserta mampu menghasilkan draft usulan yang sudah lebih layak dibandingkan kondisi awal pra pendampingan. Dengan harapan pada tahun 2023 jumlah usulan program Pengabdian Masyarakat skema PKMS dan PKM yang lolos meningkat signifikan.

(Humas UMRAH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2019 Universitas Maritim Raja Ali Haji