Connect with us

Berita Utama

Diaspora R. Dwi Susanto, Ph.D beri Kuliah Umum di UMRAH

Published

on

Laporan: Ariq Imron | Editor & Foto: Rendi

R. Dwi Susanto, Ph.D merupakan Diaspora Indonesia yang menjabat sebagai Senior Research Scientist di University of Maryland Amerika Serikat

TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) selenggarakan Kuliah Umum Kemaritiman. Berlangsung di Gedung Auditorium Kampus UMRAH Dompak. Senin (7/11/2022).

Mengusung topik Pemahaman IPTEK kelautan oleh generasi muda, kunci sukses bangsa Indonesia, UMRAH menghadirkan Keynote Speaker, R. Dwi Susanto, PhD selaku Diaspora Indonesia yang juga Senior Research Scientist di University of Maryland Amerika Serikat.

Acara diawali dengan kata sambutan dari Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA dimana dalam sambutannya mengatakan “Hari ini adalah kuliah umum dari peneliti hebat yang selama 33 Tahun meneliti di Amerika Serikat, tetapi karena kecintaan terhadap Indonesia maka beliau bisa hadir di sini.”

Rektor mengatakan Indonesia sejatinya adalah sebuah Negara maritim yang memiliki potensi sangat besar untuk kedepannya, jadi beliau berharap dengan adanya kuliah umum ini Mahasiswa/I Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dapat mendapatkan ilmu dan tergugah untuk menguasai teknologi kemaritiman.

Pada sambutannya itu Rektor Agung turut menyampaikan bahwa saat ini pemanfaatan sumberdaya kemaritiman masih rendah karena kita belum menguasai teknologi kemaritiman, beliau berharap Mahasiswa/I Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) bisa meningkatkan pemanfaatan sumberdaya kemaritiman dengan menguasai teknologi kemaritiman kedepannya.

Selanjutnya acara dilanjutkan oleh narasumber R. Dwi Susanto, Ph.D. selaku Senior Research Scientist di University of Maryland Amerika Serikat.

Beliau menuturkan bahwa tujuan kuliah umum ini bukan semata – mata untuk mengajarkan Mahasiswa/I Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melainkan untuk belajar bersama dan mencari ilmu bersama.

“Tujuan belajar bersama ini guna adik-adik bisa mendapatkan ilmu dan bukan hanya ilmu saja melainkan kita sebagai orang ber ilmu harus memiliki akhlak yang mulya” Ucapnya.

Selanjutnya beliau mengucapkan bahwa pemahaman IPTEK kelautan oleh generasi muda adalah kunci sukses bangsa Indonesia, karena Indonesia memiliki potensi besar di bidang kelautan, oleh karena ini IPTEK kelautan sangat penting bagi masa depan Indonesia.

Dirinya berpesan kepada seluruh Mahasiswa agar terus menimba ilmu setinggi-tingginya dan menjadi Pemimpin yang dapat membawa Indonesia semakin baik nantinya.

(Humas UMRAH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2019 Universitas Maritim Raja Ali Haji