Foto Bersama Korwil Bebras Challange Kepri dan Peserta Seminar (F. Istimewa)
Foto Bersama Korwil Bebras Challange Kepri dan Peserta Seminar (F. Istimewa)

TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) melalui Fakultas Teknik sebagai koordinator wilayah bebras challange Tanjungpinang dan Bintan selenggarakan seminar computational thinking dan sosialisasi bebras challenge di Ruang pertemuan lantai 3 Rektorat UMRAH Dompak.

Saat menyampaikan laporannya Hendra Kurniawan, S.Kom, M.Sc. Eng. memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan computational thinking sekaligus sosialisasi kegiatan bebras challange yang akan dilaksanakan pada 15 November akan datang.

Sebagai informasi, Hendra juga menjelaskan sejarah singkat Bebras Challange ini

“Bebras pertama kali digelar di Lithuania, merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika dengan jumlah peserta terbanyak di dunia. Siswa peserta akan mengikuti kompetisi bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas mengajar guru. Kompetisi ini dilakukan setiap tahun secara online melalui komputer”. Terang Hendra

“Kompetisi Bebras dilaksanakan setiap tahun. Negara yang sudah berpartisipasi mengikuti Bebras ada 50 negara, belum termasuk Indonesia. Pada tahun 2015, jumlah peserta yang mengikuti Bebras mencapai 1,3 juta siswa dari berbagai belahan dunia. Setelah kunjungannya ke Indonesia pada bulan Februari 2016, Prof. Valentina Dagiene (Vilnius University, Lithuania), yaitu penggagas (founder) Bebras Internasional, mengundang Indonesia menjadi observer pada Workshop Internasional Bebras pada bulan Mei tahun 2016. Indonesia berpartisipasi mengadakan Bebras Challenge untuk pertama kalinya pada bulan November 2016, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Komite Internasional Bebras
dan pada tahun ini bebras challange akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2018″.”. Tambah Hendra dalam penjelasannya.

Adapun sasaran dari kegiatan seminar computational thinking dan sosialisasi bebras challenge ini adalah Kepala Sekolah atau Guru TIK dari SMP, SMA dan SMK se-Tanjungpinang dan Bintan sebanyak 60 orang peserta.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Telkom Indonesia dan Bayantree.

Kontributor: (Tara/Kontributor Teraju FT)
Editor: (Rendi/Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here