Tanjungpinang – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) kedatangan tamu istimewa yang sudah lama dinanti-nanti. Senin (4/6) . Setelah hampir sebelas tahun berdiri sebagai perguruan tinggi di Provinsi Kepulauan Riau akhirnya hari ini UMRAH siap untuk dinilai oleh Tim Asessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Penilaian yang dilakukan adalah penilaian lapangan untuk akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) yang akan menghasilkan nilai akreditasi institusi UMRAH secara kelembagaan.

Tim Asesor BAN-PT yang hadir untuk menilai tata kelola institusional UMRAH adalah Prof. Dr. Johanes, Prof. Dr. Gagaring Pagalung, Prof. Dr. Sasongko Pramonohadi dan Dr. Mukti Fajar Nur Dewata.

Proses Asesement lapangan dimulai dengan tahapan presentasi di tingkat pimpinan (rektor dan wakil rektor) UMRAH pagi ini senin (4/6) di Ruang rapat pimpinan lantai 2 rektorat UMRAH Dompak. Pemaparan presentasi disampaikan oleh Rektor UMRAH, Prof. Syafsir Akhlus didampingi oleh segenap Pimpinan Universitas didampingi oleh tim penyusun borang AIPT UMRAH.

Asesmen AIPT yang dilaksanakan berlangsung dari pukul 08.00 WIB s.d pukul 17.30 petang. Sesi proses asesement dapat disimak pada senarai berikut:

1) Pukul 08.00 – 09.00 WIB dengan agenda
– Pertemuan Tim asesor BAN-PT dengan Pimpinan UMRAH;
– Presentasi dan klarifikasi oleh Pimpinan UMRAH;
– Diskusi Tim Asesor dengan Pimpinan UMRAH.
3 Poin di atas dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II guna penyampaian maksud asesmen lapangan oleh tim asesor dan menyepakati jadwal kerja bersama dalam kegiatan asesmen lapangan serta mendengarkan presentasi, diskusi dan klarifikasi dari Pimpinan UMRAH kepada Tim Asesor.

2) Pukul 09.00 – 10.00 WIB dengan agenda
Wawancara dengan para pimpinan unit yang dianggap perlu, yakni antara Tim asesor dengan Dekan, Ketua lembaga, Ka. UPT hingga ketua jurusan di tingkat program studi

3) Pukul 10.00 – 12.00 WIB dengan agenda
– Wawancara dengan Dosen dan Tenaga Kependidikan yang mewakili semua jurusan/ program studi;
– Wawancara dengan Mahasiswa yang mewakili semua program studi;
– Wawancara dengan Alumni dan Mitra Kerja
3 Poin di atas bertujuan untuk Validasi dan verifikasi data dan informasi yang dilaksanakan secara paralel dalam 3 kelompok antara Tim asesor BAN-PT dan Audiens

4) Pukul 12.00 – 13.00 Istirahat

5) Pukul 13.00 – 14.00 Diskusi Tim asesor dengan Tim penyusun borang akreditasi institusi perguruan tinggi (Task Force) dengan tujuan Validasi dan verifikasi data dan informasi

6) Pukul 14.00 – 15.30 dengan agenda Peninjauan sarana dan prasarana dengan pembagian 3 kelompok yakni:
– Kelompok 1 Mengunjungi 2 Fakultas
– Kelompok 2 Mengunjungi LP3M, LP2M dan Badan Penjaminan Mutu (BPM)
– Kelompok 3 Mengunjungi Sarana dan Prasarana penunjang yang ada di UPT. Perpustakaan, UPT. Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) dan UPT. Bahasa di Kampus Senggarang

7) Pukul 15.30 – 16.30 dengan agenda
– Tim asesor menyelesaikan pemberkasan F3, F4, F5 dan F6
– Penyampaian draft laporan/ Berita acara (F3) oleh tim asesor kepada Pimpinan UMRAH

8) Pukul 16.30 – 17.30 dengan agenda
– Penyusunan tanggapan Berita acara (F3) oleh Pimpinan UMRAH
– Perbaikan dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan oleh Tim asesor bersama Pimpinan UMRAH
– Penutupan

(HUMAS/Rendi)
Editor: Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here