30 Menit bersama Prof. Rayandra. “Mengenal BIDIKMISI”

0
829

Walau Tampak terlihat sibuk dengan pekerjaannya, Profesor yang murah senyum ini tetap menyambut baik kedatangan awak teraju, Jumat (20/7) . Di ruang kerja Wakil Rektor I UMRAH awak Teraju UMRAH melakukan wawancara esklusif bersama Prof. Dr. rer nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si, Wakil Rektor I

DOMPAK, Rendi 

Pada kesempatan wawancara ekslusif ini, berkisar tentang BIDIKMISI. BIDIKMISI hal yang tidak asing lagi bagi kalangan civitas akademika perguruan tinggi. Namun masih cukup asing bagi orang awam pada umumnya.

Apa itu BIDIKMISI?

“Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik, untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu”. Jawab Prof. Ray pada awal pembuka wawancara awak teraju.

Lebih lanjut lagi dengan keterbatasan waktu yang ada Wakil Rektor I UMRAH ini mencoba menjelaskan sedetailnya mengenai BIDIKMISI.

“Adapun mekanisme meraih bidikmisi ini harus melewati tahapan- tahapan yang telah ditetapkan oleh Kemenristekdikti. Sebagaimana yang kita ketahui tahapan pertama yakni Siswa di masing-masing sekolah mendaftarkan diri sebagai calon peneriman bidikmisi di website https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/. Selanjutnya BELMAWA RISTEKDIKTI mengumpulkan semua data yang mendaftar sebagai calon penerima bidikmisi dari seluruh Indonesia, kemudian melakukan verifikasi administrasi di tingkat Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi. Nah dari hasil verifikasi administrasi di Dirjen Belmawa Dikti maka dikirimlah ke tiap-tiap Perguruan Tinggi Negeri untuk selanjutnya dilakukan Pengumuman sebagai CALON PENERIMA BIDIKMISI sekaligus diumumkan bersamaan dengan pengumuman kelulusan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Tahap selanjutnya Daftar nama CALON PENERIMA BIDIKMISI yang lulus melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN tersebut kemudian dilakukan verifikasi tahap lanjutan oleh masing-masing PTN untuk ditetapkan sebagai PENERIMA BIDIKMISI TETAP sesuai dengan kuota penerima bidikmisi dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi (BELMAWA DIKTI).” Terang Prof. Rayandra dalam penjelasannya.

“Nah perlu digarisbawahi, bahwa bagi Siswa yang mendaftarkan diri sebagai calon penerima bidikmisi belum otomatis diterima sebagai penerima bidikmisi, tergantung kuota penerima bidikmisi yang ditentukan oleh BELMAWA DIKTI untuk setiap PTN.” Tambah Prof. Ray melengkapi penjelasannya.

Saat ditanya lebih lanjut oleh awak Teraju UMRAH, berapa kuota Bidikmisi yang diberikan oleh Dirjen Belmawa Dikti kepada UMRAH?

“Total kuota seluruhnya yang diberikan kepada kita (umrah) yakni sebanyak 229 Mahasiswa dan itu untuk dua jalur seleksi terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN”. Jawab Prof. Ray dengan tegas.

“Dari proses seleksi yang telah berjalan dapat kita lihat antusiasme pelamar bidikmisi ini, untuk jalur SNMPTN saja ada sebanyak 806 pelamar sedangkan jalur SBMPTN sebanyak 402 pelamar. Ini baru daftar calon mahasiswa bidikmisi yang lolos seleksi masuk PTN bukan yang menerima Bidikmisi” Ungkap Prof. Ray yang juga ahli di bidang kimia itu.

Lalu berapakah yang lulus dari masing-masing jalur untuk melengkapi kuota sebanyak 229 orang itu?

“156 calon Mahasiswa dari jalur SNMPTN dan 73 calon Mahasiswa dari jalur SBMPTN”. Terang Wakil Rektor I UMRAH itu.

Bagaimana dengan mereka yang belum bisa menerima Bidikmisi ini?

“Nah untuk mereka yang dinyatakan tidak menerima Bidikmisi ini, maka sesuai ketentuan yang berlaku yang telah ditetapkan oleh Kemenristekdikti, akan dikenakan biaya Uang kuliah tunggal (UKT) berdasarkan tingkatan masing-masing”. Jawab Prof. Ray tegas

Apa harapan UMRAH kedepannya dengan melihat antusias para pelamar Bidikmisi ini?

“Tentu UMRAH berharap dengan sangat bisa mendapatkan kuota yang lebih banyak lagi dari yang didapat saat ini. Mengingat kondisi masyarakat Indonesia dan Kepri khususnya masih ada yang hidup ditingkat kemampuan menengah kebawah”. Ungkap Wakil Rektor I UMRAH itu penuh harap sekaligus menjawab pertanyaan terakhir dari awak Teraju UMRAH.

(HUMAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here