1.357 Mahasiswa Baru Resmi ikuti PKKMB UMRAH 2018

0
778

DOMPAK – Senin (27/8) Dari halaman gedung rektorat UMRAH Dompak, sejak pukul 06.30 pagi tampak ramai para calon mahasiswa baru UMRAH memadati lapangan upacara. Tampak hadir juga Para Dekan Fakultas, Wakil Dekan, Kepala Biro, Ketua Jurusan hingga para Kepala Bagian di lingkungan UMRAH untuk memenuhi undangan pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UMRAH Tahun 2018.

Secara resmi kegiatan PKKMB UMRAH Tahun 2018 ini dibuka langsung oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc. Sebagai ciri khasnya rektor memulai sambutannya dengan berpantun.

Duduk di lantai hendaklah beralas
Supaya bersih dan hatipun senang
Selamat datang kepada Mahasiswa UMRAH angkatan 2018
Di kampus UMRAH kampus gemilang

(Prof. Akhlus)

Pada sambutannya Rektor UMRAH juga menyampikan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh UMRAH dalam kurun waktu beberapa tahun ini yang ia pimpin. Salah satunya yakni capaian UMRAH yang semulanya belum terakreditasi telah melompat menjadi terakreditasi B. “Kedepannya target kita harus menaikkan ranking dan kita harus pindah pada klasifikasi yang lebih tinggi lagi”. Ujar Prof. Akhlus pada sambutannya dihadapan Mahasiswa Baru UMRAH 2018.

“Saya menaruh harapan besar kepada angkatan 2018 ini, sebagai salah satu nanti yang secara bertahap dan secara cepat dapat segera berpartisipasi ditingkat Nasional agar UMRAH ini kedepan akan semakin meningkat lagi peringkatnya ke kategori lebih tinggi lagi”. Tambah Prof. Akhlus dalam sambutannya.

“39 tahun yang lalu saya juga berbaris seperti saudara-saudara semua sebagai mahasiswa. Dan sekarang setelah 39 tahun yang berbaris bersama saya ada yang jadi Rektor seperti saya, ada yang jadi Dirjen dan segala macam. Semuanya ditentukan oleh apa yang kita niatkan pada waktu kita masuk ke universitas dan memulai menjadi mahasiswa. Artinya bahwa saudara-saudara ini suka tidak suka mau tidak mau dalam waktu paling lama 30 tahun kedepan sudah ada yang harus menjadi pemimpin. Dan pemimpin itu adalah sesuatu yang harus diciptakan harus direncanakan. Saudara harus merencanakan bagaimana saudara kedepan bisa menjadi pemimpin”. Ungkap Prof. Aklhus dalam sambutannya dengan penuh harap kepada para Mahasiswa Baru UMRAH 2018.

Usai pembukaan PKKMB UMRAH 2018 secara resmi oleh Rektor, dikesempatan yang terpisah awak teraju coba mewawancarai Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (Ka. BAKK) Ari Satya Dharma selaku penanggungjawab kegiatan.

“Dasar kegiatan ini adalah Keputusan Menteri Ristekdikti Nomor 096/BI/SK/2016 tentang Panduan umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Sedangkan tujuan dari PKKMB ini adalah memberikan pembekalan kepada Mahasiswa baru UMRAH agar dapat lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus UMRAH, khususnya dalam kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan”. Jawab Ari (panggilan akrab Ka. BAKK UMRAH) diawal wawancara awak teraju umrah.

Saat ditanya berapa jumlah peserta kegiatan PKKMB UMRAH 2018 ini, Ari Satya Dharma (KA. BAKK) menerangkan bahwa ada 1.357 Mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKKMB UMRAH 2018 ini dengan komposisi dari Fakultas Teknik sebanyak 114 Mahasiswa, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan sebanyak 218 Mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 323 Mahasiswa, Fakultas Ekonomi sebanyak 236 Mahasiswa dan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebanyak 466 Mahasiswa.

“Sedangkan Narasumber (pemateri) yang akan mengisi acara yakni Rektor UMRAH, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Kepala UPT TIK UMRAH, Ka. BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Kepala UPTD LPPMHP DKP Prov. Kepri, Ka. BNN Kota Tanjungpinang, Kapolda Kepri, Danrem 033/WP Kepri, Sekretaris Dewan Kota Tanjungpinang (Budayawan), Direktur Al-baik Supermarket (Entrepreneur), Dekan-dekan UMRAH hingga Ketua jurusan dari masing-masing Fakultas” Tambah Ari saat diwawancarai awak teraju umrah.

“Kegiatan PKKMB UMRAH 2018 ini berlangsung 4 hari dari hari ini senin (27/8) hingga hari kamis (30/8) esok. Hari pertama dan kedua terpusat di Rektorat UMRAH sedangkan hari ketiga dan terakhir di laksanakan di Fakultas masing-masing”. Jawab Ari (KA. BAKK) saat ditanya rentang waktu kegiatan PKKMB ini sekaligus mengakhiri wawancara bersama awak teraju umrah.

(Rendi/Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here